Minggu, 09 Maret 2014

kata kerja (verba) pada bahasa jawa



A.    Kata kerja transitif yaitu kata kerja yang membubuhkan objek, dapat diubah kebentuk pasif dan berimbuhan me-, memper-, memper-kan, me-i, memper-i, dan me-kan.
Contoh:
a.       Saya menyanyikan lagu
b.      Erna membaca buku
c.       Iwan membawa air
d.      Wawan membant ayah
e.       Tatang memukuli gendang

B.     Kata kerja tak transitif yaitu kata yang tidak membutuhkan objek, tidak bisa diubah kebentuk pasif, dan imbuhannya yaitu ber-, ber-kan, ter-, ter-kan.
Contoh:
a.       Pasukan itu sedang berlari
b.      Tadi pagi saya sudah mandi
c.       Kami baru saja pulang
d.      Pukul lima saya sudah bangun
e.       Mengapa engkau menangis


Contoh kalimat pada  kata kerja (verba) perbuatan (aksi), proses dan keadaan dalam bahasa jawa:
Contoh kalimat kata kerja perbuatan (aksi) yaitu:
1.      Andi ndue buku tules
(andi punya buku tulis)
2.      Ayah turon neng teras
(ayah tidur di teras)
3.      Kulo mangan jam siji
(aku makan jam satu)
4.      Simbah tumbas trasi neng warong
(simbah membeli terasi di warung)
5.      Bapak moco Koran tiap isuk
(bapak membaca Koran setiap pagi)
6.      Setiap dino adek nggowo ngombe neng sekolah
(setiap hari adik membawa minuman di sekolah)
7.      Kulo sinau tiap mbengi
( aku belajar setiap malam)
8.      Mbakyu ku agek nyanyi
(kakak saya sedang bernyanyi
9.      Kulo kerungu suoro uong njeret
(saya mendengar suara orang teriak)
10.  Tanggal pitulas agostos ono lomba njoget neng kampongku.
(tanggal tujuh belas agustus ada lomba berjoget di kampong saya)


Contoh kalimat pada kata kerja proses:

1.      Ibuk ngimbu pokat neng njero beras
(ibu memeram alfokat di dalam beras)
2.      Mangga ka ewes menguneng
(mangga itu sudah menguning)
3.      Klambine sue-sue wes do gareng
(bajunya lama-lama sudah mengering)
4.      Sepatune andi wes menyilik
(sepatunya andi sedah mengecil)
5.      Ono bom seng njeblok
(ada bom yng meledak)
6.      Awak e adek ku semaken gede
(badanya adik saya semakin membesar)
7.      Ramzi omah e kebanjiren
(ramzi rumahnya kebanjiran)
8.      Bibik njangan tahu
(bibik memasak tahu)
9.      Mbakyu lagek ngebok kasor
(kakak sedang memukul kasur)
10.  Omah kae keobaong mambengi
(rumah itu terbakar tadi malam)


Contoh kalimat verba keadaan:
1.      Kulo seneng kambek klambimu
(aku suka dengan baju mu)
2.      Sakiki cuacane panas banget
(sekarang cuacanya panas sekali)
3.      Tangan ku loro tenan
(tangan saya sakit sekali
4.      Semogo koe kanggo karo nuso dan bongso.
(semoga kamu berguna bagi nusa dan bangsa)
5.      Aku nggolek kodok mambengi
(saya memcari katak tadi malam)
6.      Angger mbengi aku kademen
(setiap malam saya kedinginan)
7.      Manok kae mabor seko kandange
(burung itu terbang dari sangkarnya)
8.      Adekku nanges ditinggal mamak
(adikku menangis di tinggal mamak)
9.      Tiap dino kerjaanku leyeh-leyeh
(setiap hari kerjan saya santai)
10.  Mbah ku teko seko njowo
(nenek ku datang dari jawa)

1 komentar:

  1. Usaha anda sudah baik, tetapi ejaan kata2 bhs Jawa anda salah dan perlu diperbaiki. Contoh, "nanges" seharusnya "nangis", tules-tulis, dll.

    BalasHapus